Share - Life - Techno

Lowongan Kerja Terbaru, Lowongan Kerja BUMN, Download Vector, Koran Gratis, Desain Grafis, Tips Blog, Tips IT, Artikel Pendidikan, Artikel Sejarah, Artikel Islam, Update Patch PES6, Dangdut Academy3

Blogger Indonesia dukung internet aman, sehat & manfaat

Pada era informasi sekarang ini, informasi menjadi sebuah kebutuhan yang mutlak diperlukan oleh berbagai kalangan, mulai dari akademisi, pebisnis, hingga anak-anak usia dini pun sudah menggunakan teknologi internet. Perkembangan internet yang sangat pesat ditandai dengan munculnya berbagai macam Website dengan halaman Web yang interaktif. Hal ini disebabkan website (world wide web)  mampu memberikan tampilan grafik yang sangat bagus untuk dipandang, selain itu konsep teknologi hypertext yang digunakannya memberikan kemudahan dan kecepatan yang luar biasa.

Semua berawal dari perkembangan internet yang begitu pesat dan signifikan, Internet adalah kumpulan network yang terdiri dari ribuan sistem komputer yang saling berhubungan satu dengan lainnya termasuk jaringan-jaringan lokal dan mempunyai kapasitas transmisi yang tinggi. Internet lahir sekitar tahun 1969, pertama kali digunakan untuk keperluan militer Amerika Serikat. Dikembangkan oleh ARPAnet (US Government’s Advanced Research Project Agency Network) yaitu jaringan Agen Proyek Riset Lanjutan Pemerintah Amerika Serikat). Internet mulai komersial dan berkembang pesat sejak tahun 1990. Di Indonesia, Internet mulai dikenal luas sejak tahun 1995. Sebelumnya Internet sudah dikenal dikalangan akademik dan pusat-pusat riset. Layanan internet terbuka sejak IndoInternet berdiri sebagai penyedia layanan internet pertama di Indonesia. Kesuksesan IndoInternet ini kemudian diikuti dengan munculnya Internet Service Provider (ISP) lainnya yang semakin menjamur.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi khususnya internet telah membawa dampak signifkan dalam berbagai aspek kehidupan.
  • Informasi pada internet bisa diakses 24 jam dalam sehari.
  • Biaya murah dan bahkan gratis.
  • Kemudahan akses informasi dan melakukan transaksi.
  • Kemudahan membangun relasi dengan pelanggan.
  • Materi dapat di update dengan mudah.
  • Pengguna internet telah merambah ke segala penjuru.
Namun, pengaruh yang luar biasa dari penggunaan internet selain membawa dampak yang signifikan dalam hal-hal positif dan berguna untuk semua aspek kehidupan, internet juga memiliki dampak negatif yang sangat besar bahayanya, kriminalitas dunia maya (cybercrime) kriminalitas di internet adalah tindakan pidana, sesuai dengan isi UU ITE yang disahkan pada 2008 lalu, kriminal yang dilakukan pada teknologi internet(cyberspace), baik yang menyerang fasilitas umum di dalam cyberspace ataupun kepemilikan pribadi.
Di indonesia sejak disahkan UU ITE (Informasi dan transaksi eletronika) pada tahun 2008 yang sebenarnya sudah dirancang sejak tahun 2003 oleh Kementerian Negara Komunikasi dan Informasi dengan salah satu tujuan pokok yaitu memberi rasa aman dan kepastian hukum bagi penggunanya, berusaha memberikan perlindungan hukum terhadap berbagai bentuk kejahatan di internet.

Salah satu fenomena yang terjadi di dunia cyber adalah maraknya pengguna blog atau yang disebut blogger, khusunya perkembangan bloger di indonesia, blogger diibaratkan seseorang yang mempunyai sepetak tanah di lahan area internet dan blogger tersebut berhak menanami sepetak tanahnya tersebut  tadi dengan mengisi content yang bermacam-macam jenisnya, seorang blogger yang memiliki blog aktif dapat mengisi sepetak lahan mereka dengan beraneka isi atau content mulai dari content yang bersifat "positif" sampai konten "negatif", konten positif seperti apa dan konten negatif seperti apa tidak akan dibahas disini, namun sangat disayangkan apabila konten-konten negatif marak menghiasi dunia perBlogeran indonesia, dan sangat disayangkan dengan perilaku tindakan cybercrime yang tidak mengindahkan tanggung jawab moral kepada generasi bangsa. Seperti isu kasus yang terjadi akhir-akhir ini yang menyeret nama artis indonesia terkait skandal video yang bertajuk "mesum", blogger sangat berperan terhadap konten-konten tersebut meskipun tidak semua blogger mengisi konten ladang mereka dengan konten yang tidak bermanfaat namun hendaknya setiap Blogger Indonesia dukung internet aman, sehat & manfaat.

Manfaat & tips berinternet sehat dan aman untuk anak usia dini
Meskipun tidak serta merta bahwa internet itu selalu mengandung konten yang negatif dan amoral, akan tetapi begitu juga sebaliknya internet juga penting diperkenalkan kepada anak-anak muda generasi bangsa terutama anak-anak usia dini, penting dalam rangka proses belajar mengajar dan pengenalan teknologi. untuk generasi Indonesia di masa depan generasi yang anti gagap teknologi. Manfaatnya sangat dirasa sekali untuk menunjang kegiatan yang bersifat akademis, menghadirkan kemudahan-kemudahan akses untuk mendapatkan pengetahuan yang baru bagi mereka, suatu misal adalah seorang anak usia dini yang ingin tahu tentang bagaimana proses yang mengubah kepompong hingga menjadi kupu-kupu, semuanya ada di internet ada sebuah pemeo "Internet adalah perpustakaan terbesar di dunia" itu memang benar adanya, dan sangat kurang bijak apabila internet identik dengan hal-hal negatif dan amoral, karena di satu sisi internet meyimpan jutaan ilmu pengetahuan dari seantero dunia.
Berikut adalah beberapa Tips yang admin sodorkan tentang  tips berinternet sehat dan aman untuk anak usia dini untuk menghindarkan penyalah gunaan teknologi internet bagi anak-anak usia dini.
  • Awasi putra-putri anda ketika surfing menggunakan internet.
  • Jauhkan putra-putri anda dari konten-konten yang berbahaya (Pornografi, cybercrime lain).
  • Bimbing dan arahkan putra-putri anda untuk mengunjungi situs-situs yang bermanfaat dan edukatif saja.
  • Block browser anda dengan tool-tool yang dapat mencegah akses dari konten-konten negatif untuk menghindarkan putra-putri anda mengakses konten-konten tersebut.
 Mulai detik ini mari berkoar Go Blogger Indonesia. Blogger Indonesia dukung internet aman, sehat & manfaat.

(Monday on Midday | pepesiwak blogger Indonesia)
Blogger Indonesia dukung internet aman, sehat & manfaat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdul Muta'ali

0 comments:

Posting Komentar