Share - Life - Techno

Lowongan Kerja Terbaru, Lowongan Kerja BUMN, Download Vector, Koran Gratis, Desain Grafis, Tips Blog, Tips IT, Artikel Pendidikan, Artikel Sejarah, Artikel Islam, Update Patch PES6, Dangdut Academy3

Analysis Jaringan (Wireshark)

Suatu jaringan seyogyanya mempunyai peraturan mengenai bagaimana sebuah obyek atau aktifitas data yang bergerak melintas dalam jaringan. Analisis jaringan berhubungan erat kaitannya dengan menjaga keamanan sebuah jaringan, analisis berguna untuk memecahkan permasalahan yang terjadi dalam jaringan,  analisis jaringan adalah kegiatan mendengar dan mengamati segala aktifitas yang terjadi dalam jaringan baik komunikasi data dan sebagainya.
Analisis jaringan berfungsi sebagai :
  1. Penyelesaian masalah (Troubleshooting) jaringan.
  2. Optimasi performa atau kinerja jaringan.
  3. Perencanaan dan pengujian (Planning testing) jaringan.
Menjaga stability dan reliability sebuah jaringan mutlak diperlukan untuk menjaga kemampuan kinerja dan performa jaringan agar tidak mengganggu aktifitas penggunaan sistem jaringan, oleh karena itu analisis terhadap traffic data yang sedang berlangsung dalam sebuah network (jaringan) dapat membantu dalam menjaga stability dan reliability performa jaringan.Wireshark merupakan Network Packet Analyzer yang memiliki kemampuan dalam menganalisis traffic packet data yang berkomunikasi di dalam jaringan, memiliki kecanggihan fitur dalam GUI-nya (Graphical User Interface). Oleh karenanya relative mempermudah dalam melakukan proses analysis.
Wireshark adalah sebuah Packet Network Analyzer, sebuah packet network analyzer yang akan menangkap paket-paket data dan menampilkan hasil capturing data sedetail mungkin.  Wireshark memiliki sejumlah kelebihan yang besar disbanding dengan program analyzer yang lain :
  1. Mampu berjalan pada sistem operasi Linux dan Windows
  2. Menampilkan hasil Captured protocol sekaligus dengan informasi yang sangat mendetail.
  3. Wireshark dapat menangkap packet data dari berbagai macam  jenis media jaringan termasuk juga Wireless LAN. 
  4. Wireshark support dengan program capture yang lain seperti libcap,tpcdump dan lain-lain serta mampu membuka packet yang telah di-capture oleh program tersebut. Wireshark juga dapat menyimpan hasil capture  kedalam banyak format yang berbeda seperti libcap, tpcdump (*.pcap, *.cap, *.dmp), HP-UX’s nettl (*.TRC0, *.TRC1), accelent 5 views (*.5vw), Microsoft network monitoring – netMon(*.cap), NovelLANanalyzer, (*.trl) dan masih bnyak mendukung format yang lain.
  5. Import dan eksport paket data dari dan ke banyak program capture yang lain.
  6. Mem-filters packet kedalambanyak criteria.
  7. Memeberi warna yang jelas pada packet yang ditampilkan berdasar pada filter-filternya.
 File lengkapnya bisa di download Lewat Link Bawah ini!! Gratiss!!
RENCANA JUDUL.doc
Analysis Jaringan (Wireshark) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdul Muta'ali

0 comments:

Posting Komentar