Share - Life - Techno

Lowongan Kerja Terbaru, Lowongan Kerja BUMN, Download Vector, Koran Gratis, Desain Grafis, Tips Blog, Tips IT, Artikel Pendidikan, Artikel Sejarah, Artikel Islam, Update Patch PES6, Dangdut Academy3

Kamseupay itu sejenis ketela pohon

Foto gue Lagi kamseupay
Kamseupay! pernah liat iklan operator ponsel di tipi? tau nggak artinya kamseupay apaan? kamseupay itu adalah sejenis ketela pohon atau yang biasa disebut menyok oleh masyarakat tuban purba, khususnya merkawang.

Nahhh karena dikampung gue, hasil panen kamseupay melimpah ruah, maka tidak sulit ditemukan beraneka ragam penganan / kudapan yang terbuat dari kamseupay, bisa gue sebut satu satu karena gue apal, sudah dari kecil santapan gue sehari hari ya makanan yang terbuat dari kamseupay ini.
  1. Gemblong Kamseupay, adalah sejenis kudapan yang cara pembuatannya masih sangat tradisionil yaitu dengan cara di deplok secara perlahan dalam sebuah lumpang, hingga penyet dan memblak memblak bentuknya, adapun cara memotongnya bukan dengan pisau tapi dengan benang yang digenjret lurus secara horizontal kemudian ditarik secara vertikal kebawah, bisa dibayangin nggak? pasti enggak ya.
  2. Sandulok Kamseupay, Nah ini satu lagi variant kudapan yang berbahan dasar kamseupay atau ketela pohon adalah sandulok, ya sandulok adalah makan khas tuban jawa timur yang ndeso dan tradisionalitasnya tetap terjaga hingga kini. bentuk fisiknya bulat elips, dan didalamnya terdapat cairan gula merah, cara pengolahanya sederhana bahan dasarnya ketela pohon diparut atau diselep halus, kemudian dicampur dengan air gula dan garam kemudian di goreng dengan bentuk elips dan harus menghadap kiblat ya...
  3. Limpang Limpung Kamseupay, limpang limpung itu hampir sama seperti sandulok tapi bentuknya bulat telur namun yang membedakan adalah sisi luarnya diberi taburan gula bubuk secara random, cara pembuatanya pun hampir sama hanya taburan luar kulitnya saja yang berbeda. limpang limpung ini banyak dijumpai dipasar Desa Merkawang, Tuban Jawa Timur.
  4. Sredek Kamseupay, adalah olahan makanan favorit saya, rasa gurihnya yang *nggacia (adalah istilah yang diberikan oleh ibu saya, teruntuk produk kudapan yang memiliki cita rasa special), dari ketela pohon yang baru dicabut dari tanah kemudian dikupas, dan diparut kemudian dikukus dengan taburan garam bubuk sedikit ahhhh gurihnya mak, setelah matang diberi parutan kelapa. wuuuh mak nyoosor..
  5. Tiwul Kamseupay, Pernah dengar lagunya trio macan yang liriknya begini " iwak peyek, iwak peyek sego tiwul..." nah itu sebenarnya lagu itu inspirasinya dari kudapan yang satu ini, yaitu tiwul, tiwul itu   dibuat dari gebingan, naahh perlu gue jelasin juga bahwa gebingan adalah ketela pohon yang dipotong dadu tak beraturan, kemudian dijemur dibawah terik matahari dan setelah kering disimpan di anjab, baru beberapa musim kemudian diambil untuk dikonsumsi, memang teknik pengolahan gebingan ini tujuannya agar lebih tahan lama bisa untuk beberapa musim, guna menghadapi musim kemarau dan paceklik dimana bahan bahan makanan semakin menipis.
Kamseupay itu sejenis ketela pohon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bhre Banyu Bening

0 comments:

Posting Komentar