Share - Life - Techno

Lowongan Kerja Terbaru, Lowongan Kerja BUMN, Download Vector, Koran Gratis, Desain Grafis, Tips Blog, Tips IT, Artikel Pendidikan, Artikel Sejarah, Artikel Islam, Update Patch PES6, Dangdut Academy3

Menangani Permasalahan Pada Kartu Jaringan (Network Interface Card)

Sebuah kartu jaringan (LAN Card) yang terpasang pada sebuah komputer server maupun workstation sehingga  komputer dapat dihubungkan ke dalam sistem jaringan. Apabila terjadi  gangguan atau kerusakan pada kartu jaringan berakibat pada komputer tersebut tidak dapat masuk dalam sistem jaringan.
Masalah yang umumnya timbul yang bisa diakibatkan oleh kartu jaringan (Network Interface Card) adalah :
  • Tidak dapat tersambung ke server, untuk mengatasinya Coba periksa daftar Properties Device untuk masalah indikator (sebuah "X" atau "!" Simbol), yang berarti system meminta untuk menginstal driver yang berada di disk yang satu paket dengan kartu interface jaringan (NIC). Kemudian melakukan pengujian NIC adaptor dengan utilitas diagnostik yang biasanya sudah menjadi satu paket dengan instalasi driver.
  • Jika solusi diatas belum dapat mengatasi masalah, ikuti petunjuk ini:
1.    Pastikan kabel terpasang dengan benar, Kabel jaringan harus terpasang pada kedua aman sambungan RJ45 (adaptor dan hub), maksimum yang diperbolehkan jarak dari adaptor ke hub adalah 100 meter, jika kabel terpasang dan jarak berada dalam batas yang dapat diterima tapi masalah terus berlanjut, coba kabel yang berbeda
2.    Periksa Lampu LED pada NIC, Sebelum LED dapat digunakan untuk pemecahan masalah, kartu interface jaringan (NIC) harus terhubung ke jaringan dan driver jaringan harus diinstal, Sebagian besar LED pada NIC berada di dekat sambungan, jika semua lampu indikator menyala dengan sempurna dan baik.
  • Jika semua diagnosa serta analisa kesalahan sudah terlewati dan masih terdapat error atau kesalahan, cobalah untuk menggunakan beberapa langkah berikut:
1.    Gunakan pengkabelan  Kategori 5  dan pastikan bahwa kabel jaringan terpasang dengan baik.
2.    Pastikan mode duplex pengaturan pada adaptor sesuai dengan pengaturan pada saklar.
  • Adaptor berhenti bekerja tanpa alasan jelas, langkah antisipasinya adalah dengan Menjalankan program diagnostik bawaan NIC, atau dengan  mencoba reseating NIC dalam slot, atau mencoba slot yang berbeda jika diperlukan. Bisa juga masalahnya disebabkan oleh  Jaringan file driver yang mungkin rusak atau hilang.
Menangani Permasalahan Pada Kartu Jaringan (Network Interface Card) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bhre Banyu Bening

0 comments:

Posting Komentar