Share - Life - Techno

Lowongan Kerja Terbaru, Lowongan Kerja BUMN, Download Vector, Koran Gratis, Desain Grafis, Tips Blog, Tips IT, Artikel Pendidikan, Artikel Sejarah, Artikel Islam, Update Patch PES6, Dangdut Academy3

Membuat dan mengkonfigurasi FTP server di IIS 6.0 (Internet Information Service)

File Transfer Protocol (FTP) adalah protokol standar untuk memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain melalui Internet.File-file tersebut disimpan di komputer server, yang menjalankan perangkat lunak server FTP. MeRemote komputer komputer kemudian akan dapat disambungkan menggunakan FTP dan membaca file dari server atau menyalin file ke server. Sebuah Server FTP adalah serupa dengan server HTTP (yaitu, sebuah web server) karena Anda dapat berkomunikasi dengan menggunakan protokol Internet. Namun, sebuah server FTP tidak berjalan halaman Web, hanya mengirim dan menerima file dari komputer remote.

Anda dapat mengkonfigurasi Internet Information Services (IIS) agar dapat berfungsi sebagai server FTP. Hal ini memungkinkan komputer lain untuk melakukan koneksi ke server dan menyalin file ke dan dari server. Sebagai contoh, Anda mungkin mengkonfigurasi IIS untuk bertindak sebagai server FTP jika Anda hosting situs web pada komputer anda dan anda ingin mengizinkan pengguna untuk melakukan koneksi remote ke komputer Anda dan copy file-filenya ke server.


Catatan : Biasanya, FTP kredensial disahkan sebagai teks yang jelas dan tidak terenkripsi untuk transmisi. Sangat disarankan agar Anda menggunakan FTP dengan Anonim atau Dasar otentikasi.

IIS sebagai Server FTP
Selain bertindak sebagai web server, IIS dapat bertindak sebagai server FTP. FTP service tidak diinstal secara default oleh IIS. Oleh karena itu, untuk menggunakan IIS sebagai server FTP, Anda harus menginstal layanan FTP. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menginstal dan mengkonfigurasi IIS sebagai server FTP, lihat Bantuan dokumentasi yang disertakan dengan IIS, atau melihat bagian "Konfigurasi Situs FTP"

Catatan : Anda akan memerlukan CD Windows Anda.

Konfigurasi FTP Server FTP dengan Menggunakan IIS


  1. Klik Start button, klik Control Panel , kemudian klik Add or Remove Programs .


  2. Klik Add/Remove Windows Components .


  3. Dalam Windows Components Wizard kotak dialog, jika Anda menjalankan setidaknya Windows Server 2003, pilih Application Server, dan kemudian klik Details.


  4. Pilih Internet Information Services (IIS) dan kemudian klik Details.


  5. Dalam kotak dialog Internet Information Services (IIS), pilih File Transfer Protocol (FTP) service, centang chek box dan klik OK.


  6. Dalam kotak dialog Windows Components Wizard, klik Next. Jika diminta, masukkan CD Windows Anda.
    Ketika proses instalasi sudah selesai, Anda dapat menggunakan layanan FTP dengan IIS.

Setelah membuat setting server FTP, anda perlu membuat struktur folder untuk server. Secara default, server FTP akan memiliki root folder dengan path sebagai berikut: C: \ Inetpub \ ftproot.
FTP folder root yang bertindak sebagai root untuk server FTP Anda dengan cara yang sama bahwa C: \ Inetpub \ wwwroot adalah root untuk server web Anda.
Anda harus membuat folder fisik di mana file akan diletakkan. Ini dapat menjadi sebuah subfolder dari FTP root atau folder lain di tempat lain di dalam komputer.Lalu, Anda buat virtual root, atau alias, bahwa FTP server akan digunakan untuk menunjuk ke direktori fisik di mana file akan berada.


Konfigurasi FTP root dan virtual


  1. Buat sebuah folder baru untuk menyimpan file. Anda dapat menamai folder apa saja yang Anda suka. Sebagai contoh, nama folder yang baru ExampleFtpFiles, sehingga jalur folder C: \ Inetpub \ ftproot \ ExampleFtpFiles.


  2. Pada Windows, dari Administrasi menu Tools, pilih Internet Information Services.
    Catatan : Pada Windows XP, Anda juga dapat klik kanan My Computer pada menu Start atau pada desktop, dan kemudian klik Manage. Dalam kotak dialog Computer Management, buka Layanan dan Aplikasi simpul

  3. Buka node untuk komputer Anda, kemudian buka FTP Sites Node.


  4. Klik kanan node Default FTP Site, klik New, kemudian klik Virtual Directory.


  5. Dalam Virtual Directory Creation Wizard, tentukan sebuah alias (atau nama) sehingga pengguna dapat memanfaatkan untuk mendapatkan FTP untuk folder yang Anda buat pada langkah 1. Nama bisa apa saja yang Anda suka. Hal ini sering paling membingungkan untuk menggunakan nama direktori sebagai nama alias, sehingga direktori virtual dapat disebut ExampleFtpFiles.


  6. Untuk path, ketik atau browse ke jalur direktori dari langkah 1, misalnya Inetpub \ ftproot \ ExampleFtpFiles.


  7. Untuk Akses Permissions, tentukan Read, dan kemudian klik Next untuk menyelesaikan wizard.

Catatan : Jangan mengaktifkan Write izin kecuali Anda mengerti cara mengamankan IIS server FTP Anda.

Konfigurasi Permissions atau Hak akses

Anda juga harus memberikan izin kepada pengguna sehingga mereka akan dapat membaca dan menulis ke folder.

Membangun FTP permissions untuk folder


  1. Pada Windows, dari Administrative Tools , pilih Internet Information Service. Catatan :Pada Windows XP, Anda juga dapat klik kanan My Computer pada menu Start atau pada desktop dan kemudian pilih Manage.Dalam kotak dialog Computer Management, buka Services dan Applications node.


  2. Buka node untuk komputer Anda, buka Situs FTP node, dan kemudian membuka Default FTP Site node.


  3. Klik-kanan direktori virtual FTP node untuk folder yang Anda inginkan (misalnya ExampleFtpFiles) dan klik Permissions.


  4. Pada tab Security, pilih atau menambahkan account pengguna Anda dan memberikan hak akses Modify.


  5. Untuk menentukan IP pembatasan, klik kanan nama folder, klik Properties, dan tambahkan pembatasan Direktori tab Security.


  6. Tutup kotak dialog Properties.

Membuat Direktori Web server virtual
Anda biasanya membuat direktori virtual untuk Web server yang peta ke situs FTP sehingga server Web dapat mengakses file di FTP root. Nama Web direktori virtual dapat sama dengan nama direktori virtual FTP, tapi ini tidak diperlukan.

Untuk Membuat Web Directory Virtual

  1. Dalam kotak dialog Internet Information Services, buka Sites Web Node.


  2. Klik kanan Default Web Site node, klik Baru, kemudian klik Virtual Directory.


  3. Dalam wizard, tentukan sebuah alias bahwa pengguna akan menggunakan dengan http:// protokol untuk mengakses file dalam folder FTP. Hal ini dapat disamakan dengan FTP alias, misalnya ExampleFtpFiles.


  4. Untuk jalur direktori, ketik atau browse ke jalur direktori FTP, misalnya C: \ Inetpub \ ftproot \ ExampleFtpFiles.


  5. Untuk izin akses, pilih Baca dan Jalankan skrip.


  6. Klik Finishi untuk membuat virtual direktori dan menutup wizard.

Semoga bermanfaat! amin!

Membuat dan mengkonfigurasi FTP server di IIS 6.0 (Internet Information Service) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdul Muta'ali

0 comments:

Posting Komentar