Share - Life - Techno

Lowongan Kerja Terbaru, Lowongan Kerja BUMN, Download Vector, Koran Gratis, Desain Grafis, Tips Blog, Tips IT, Artikel Pendidikan, Artikel Sejarah, Artikel Islam, Update Patch PES6, Dangdut Academy3

Perpustakaan Al-Azhar Di bangun di kairo

Pada tahun 1314 H/1897 perpustakaan Al-Azhar didirikan, Perpustaakan al-azhar sama pentinganya dengan keberadaan al-azhar itu sendiri. Praktisnya seperti itu. perpustakaan tersebut merupakan perpustakaan terpenting didunia. Hal itu karena aneka ragam buku-buku dokumen-dokumen, manuskrip-manuskrip, dan karya-karya penelitian yang dimilikinya. Semuanya memuat pengetahuan-pengetahuan-pengetahuan yang tidak terdapat di perpustakaan negara manapun.

Perpustakaan itu didirikan pada tahun 1314 H (1898 M), ide ini berasal dari syaikh Muhammad 'Abduh, seorang pemikir Arab - Islam terpenting pada abad ke - 19M, perpustakaan tersebut memiliki 300.000 buku, manuskrip, dan dokumen dalam seluruh cabang ilmu pengetahuan klasik dan modern. pada gilirannya pengetahuan tersebut dikembangkan hingga jumlha yang tak terhingga oleh para ilmuwan, peneliti, dan mahasiswa di Mesir, Dunia Arab dan Islam, dan Asing.
Dari aspek sejarah keluarga Fathimiyah merupakan generasi pertama yang mendirikan perpustakaan di Al-Azhar, namun, dengan berakhirnya masa Fathimiyah yang berpaham Syiah di Mesir serta kembalinya mazhab sunni dan pembersihan warisan Syiah oleh keluarga Ayyubiya, perpustakaan tersebut kehilangan sejumlah besar buku dan manuskrip hingga kembalinya kesadaran islam pada Abad ke -19 M setelah Syaikh Muhammad 'Abduh mendorong pengembangan ilmu pengetahuan, peradaban, dan penelitian. Perpustakaan itu kembali lagi menjadi salah satu mercusuar islam.

Disadur dari "1000 Peristiwa dalam Islam (Abdul Hakim AlAfifi)"
Pepesiwak | Ahad | 11 Juni | 2010 |
Perpustakaan Al-Azhar Di bangun di kairo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bhre Banyu Bening

0 comments:

Posting Komentar