Share - Life - Techno

Lowongan Kerja Terbaru, Lowongan Kerja BUMN, Download Vector, Koran Gratis, Desain Grafis, Tips Blog, Tips IT, Artikel Pendidikan, Artikel Sejarah, Artikel Islam, Update Patch PES6, Dangdut Academy3

Program-program windows berjalan di Linux

Okelah emang informasi ini udah banyak yang tau ya, tapi kan yang belum tau kan juga masih banyak? hehehe oke, jadi begini deskripsi mudahnya seperti ini,, jika anda seorang pengguna Operating Sistem Linux OS linux apa saja baik itu Ubuntu, Debian, Fedora, atau bahkan anda seorang pengguna Open Solaris dan lain lain, Nahh tentunya kita nggak akan ketemu sama yang namanya aplikasi -aplikasi yang umumunya berjalan di windows semacam Photoshop, Flash, Dreamweaver, atau program pemutar musik misalnya Jet Audio, Winamp, Aimp, dll. Namun bukan berarti Open Source Operating Sistem Mati kreatifitas, dengan menginstal package yang bernama WINE pengguna Operating System dapat menjajal dan menggunakan Aplikasi yang berjalan di windows yang umumnya ber ekstensi .exe. Intinya adalah bahwa Wine ini mampu menjalankan file Exe di Linux dan Operating System Free lain yang semacamnya.

Untuk dapat menginstall aplikasi ini di Operating System Linux anda  terlebih dahulu harus mempunyai instaler package-nya atau mungkin anda mempunyai dvd repository ubuntu sudah terdapat wine disitu, atau dengan cara mendownload langsung dari portal resmi wine di http://www.winehq.org/download/ untuk yang versi installer package dapat langsung di install layaknya menginstal program berekstensi .exe di windows gampang kok..

Secara nggak sengaja tadi sempat mampir juga di http://kambing.ui.ac.id/ kulihat disana udah banyak daftar iso-iso terbaru dari distro linux diantaranya Open Suse Milestone (secara pribadi belum pernah pake), yang menarik adalah Linuxmint 8 bisa di download iso-nya disana ,besar filenya 700 Mb an lah.. memang ini dia distro linux turunan Ubuntu yang sampai sekarang masih setia makai meskipun sepenuhnya bisa melepas ketergantungan dari windows Untuk yang tertarik dengan linux mint mungkin, karena mungkin lebih gimana ya.. bisa dibilang nggak rewel dibanding Ubuntu yang harus instal Repositori ini agar bisa jalankan file musik dan harus instal  Repositori ini untuk tambahan aplikasi lain,sedangkanjumlah repositorinya aja sekitar 7  Keping DVD, ruwet kan? Nahh sedangkan Linux mint sudah mendukung pemutar audio dan video bahkan menjalankan swf pun udah bisa tanpa perlu DVD Repositori, menarik kan?

semoga bermanfaat. amin!
Program-program windows berjalan di Linux Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdul Muta'ali

0 comments:

Posting Komentar