Share - Life - Techno

Lowongan Kerja Terbaru, Lowongan Kerja BUMN, Download Vector, Koran Gratis, Desain Grafis, Tips Blog, Tips IT, Artikel Pendidikan, Artikel Sejarah, Artikel Islam, Update Patch PES6, Dangdut Academy3

Membuat emoticon sendiri menggunakan INKSCAPE Grafik drawing

Ini postingan ketiga saya tentang INKSCAPE, yang membuat saya makin jatuh cinta sama aplikasi ini adalah karena kemudahannya fleksibilitasnya, kemudahan penggunaan tool-toolnya yang relabilitas dan cocok sekaligus mudah untuk di gunakan dalam menggambar berbagai macam bentuk vector dan desain grafis.

Tutorial ini hanyalah sedikit pengetahuan saya tentang bagaimana cara penggunaan aplikasi INKSCAPE, selain karena INKSCAPE ini tergolong masih baru kan tetapi saya yakin juga  bahwa kawan-kawan blogger masih banyak yang bisa membuat kreatifitas kreatifitas baru yang jauh lebih baik dari apa yang akan saya share berikut ini.

Hanya dalam proses 8 cara mudah,kita bisa membuat emoticon cantik dan bisa  kita buat  sesuai dengan selera kita. langsung saja menuju langkah pertama.
  1. Buat dokumen baru berukuran 32 x 32 piksel, dengan cara pilih file--> new--> icon 32x32, agar lebih mudah dalam proses pembuatan agar dapat dengan mudah menyesuaikan dengan bentuk kanvas aktifkan grid, caranya klik menu view --> Grid (#).
  2. Sekarang buat lingkaran penuh dengan meng-klik circles tool atau elipse tool


    atau dengan cara menekan f5 . posisikan tepat di tengah-tengah kanvas sambil menekan (ctrl) drag n drop elipse tool agar lingkaran yang dibuat sempurna. seperti gambar di bawah.

    Gambar 1 : Membuat Lingkaran dengan Elips tool


    3. Sekarang isi lingkaran dengan warna yang sesuai dengan yang kita inginkan, misal disini saya menggunakan warna kuning  yaitu warna yang identik dengan emoticon yahoo mesenger. caranya klik fill boundaries area tool 
  3. atau dengan menekan (shift + f7), atau dengan cara langsung klik warna pada color bar yang berada di bawah kanvas. sehingga hasilnya akan tampil seperti di bawah ini.

4.  Selanjutnya kita akan membuat agar emoticon yang akan kita buat ini tampak tersenyum lebar, yaitu selanjutnya membuat oragn mulut emoticon. caranya seperti ini.
  • buat lingkaran sempurna caranya seperti pada nomor 1.
  • kemudian buat rectangle atau kotak dengan menekan f4, buat agar kotak yang kita buat menutupi sebagian lingkaran seperti gambar di bawah.
  • kalau sudah select kedua object, kemudian klik pada menu bar path--> intersection. hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah.

  • geser objek yang telah selesai kita buat dan letakkan  di atas layer lingkaran.
  • beri warna merah agar tampak seperti emoticon pada yahoo mesenger caranya seperti pada langkah nomor 3.
 5. Langkah Selanjutnya kita akan membuat image gigi, untuk gigi kita akan membuat secara manual menggunakan draw bezier tool (shift + f6), gambar dengan bezier tool hingga membentuk mirip gigi, kemudian isi dengan warna putih, hasilnya akan tampak sebuah emoticon tersenyum lebar dengan gigi yang tampak  ompong (memang sengaja saya buat seperti itu.. hehehe) agar ada kesan lain dengan  emoticon yahoo seperti tampak di bawah ini.


 6. langkah selanjutnya adalah membuat mata sederhana saja, kita buat dua lingkaran warna hitam untuk mata kiri dan kanan dengan circles tool (f5).

 7. hasil akhirnya tampak seperti gambar di bawah...


8. langkah terakhir adalah mengimpornya menjadi gambar bitmap agar dapat kita gunakan sebagai emoticon untuk blog kita.. caranya klik file--> ekspor bitmmap. hasilnya seperti ini akan tampil seperti ini .


Itulah sedikit dari saya semoga bermanfaat, walaupun di ibaratkan seperti setitik air di tengah samudera yang luas... sampai bertemu lagi dengan kreasi-kreasi dari saya berikutnya. wassalamualaikum...
Membuat emoticon sendiri menggunakan INKSCAPE Grafik drawing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdul Muta'ali

0 comments:

Posting Komentar