Share - Life - Techno

Lowongan Kerja Terbaru, Lowongan Kerja BUMN, Download Vector, Koran Gratis, Desain Grafis, Tips Blog, Tips IT, Artikel Pendidikan, Artikel Sejarah, Artikel Islam, Update Patch PES6, Dangdut Academy3

Membuat Efek ledakan menggunakan macromedia flash 8

Ini merupakan postingan tentang macromedia yang keberapa ya?? lupa.. tapi dulu sekali saya pernah posting kreasi bikin logo windows pake Macromedia Flash 8..

Awalnya saya mau bikin postingan lagi tentang kreasi baru bikin logo yang menjadi ciri khas twitter yaitu burungnya twitter pake inkscape, setelah saya baca komen postingan saya  sebelumnya tentang pembuatan emoticons di Inkscape, ada salah satu komen dari mas  doyok sayang ya.. nggak bergerak.."  membuat  saya berpikir dan tertarik untuk kembali membuat sebuah  animasi gerak pake Macromedia flash. akhirnya saya memutuskan untuk membuat  kreasi tersebut sekalian sambil mengingat  kembali salah satu mata kuliah saya semester 3 lalu  yaitu animasi 2 Dimensi. untuk selanjutnya saya share ilmu saya yang sedikit ini kepada kawan2 blogger, barang kali aja ada yang membutuhkan dan semoga saja bermanfaat.

sesuai dengan judulnya, "efek ledakan".. ihh serem ya... jadi inget bom JW marriot..(hehehe). teknik yang saya gunakan nanti adalah animasi frame by Frame (Frame per Frame) dan intinya ada pada setiap layer karena kita nanti akan lebih banyak menggunakan layer dan frame, jadi animasi dijalankan melalui setiap Frame satu persatu secara terus menerus, bukan teknik animasi yang menggunakan action script (penggunaan script ini merupakan kelemahan saya), jadi kreatifitas dan imajinasi penciptaan image-image disini sangat dituntut untuk bisa, sedangkan efek ledakan yg akan kita buat pun merupakan gabungan dari image-image yang kemudian tersusun hingga jadi sebuah animasi yang boleh di bilang lumayan... tinggal kita beri sedikit sentuhan, hasilnya layak untuk diperlihatkan dimuka umum.

 Oke kita langsung aja  mulai segera menuju  langkah pertama.

1. Buat dokumen baru untuk ukuran biarkan default aja  yaitu 550 x 400 piksel.

2. Tampilkan grid untuk mempermudah menyesuaikan dengan bentuk kanvas. caranya klik menu View > Grid > show Grid.

3. Kita bikin background dulu... karena ledakan ini kan identik dengan percikan api, kita bikin aja backgroundnya dengan warna hitam so, agar kesan realisitisnya nanti nampak ada, caranya mudah, kita buat persegi kotak yang berukuran sesuai dengan lebar dan tinggi kanvas seperti pada screenshoot di bawah, menggunakan  rectangle tool  dengan cara menekan (R),. kita kasih nama layer pertama dengan nama background. agar nanti tidak terlalu ruwet karena kita akan bekerja dengan banyak layer nanti.


4. karena kita akan membuat efek ledakan, maka aksesoris yang paling pas tentu adalah BOM, nah untuk membuat gambar desain bom ini, dibutuhkan kreatifitas untuk setiap masing-masing individu untuk membuatnya kita bisa memanfaatkan tool yang ada di Flash 8 untuk membuatnya. untuk kali ini kita akan membuatnya sederhana saja,
  • buat layer baru beri nama bom.
  • kita akan bikin bom berbentuk oval jadi gunakan oval tool dapat dilakukan dengan menekan (O) untuk membuat lingkaran. kemudian isi lingkaran dengan warna sesuai dengan yang ingin kita buat, misal seperti gambar bom yang sudah jadi di bawah ini.


5. kalau sudah, sekarang kita masuk pada inti dari pekerjaan ini yaitu effek ledakannya, untuk membuat efek ledakan yang hampir mendekati real (wuuuuh gaya hehehe) selain unsur grafis kita juga butuh unsur suara, yaitu suara ledakan bom. karena efek yang saya kerjakan ini murni peng-Animasian frame by frame, dan untuk efek ledakannya tersebut kita membutuhkan image yang bersinambung, agar bisa membentuk sebuah animasi yang kita harapkan. untuk semua source yang diperlukan bisa download disini.

kita mulai saja dengan langkah pertama

  • buat layer baru diatas layer bom beri nama "ledakan"

  • posisikan layer pertama tepat setelah layer bom. dengan cara klik kanan, insert keyframe dan akhiri pada frame ke 12.

  • kalau sudah posisikan kursor pada layer ledakan kita buat movie clip baru dengan cara klik insert, new symbol, pilih movie clip kemudian beri nama ledakan.
  • sekarang pada jendela edit symbol, masukkan image sebelumnya kita impor image yang sudah kita buat pada drawing tool, dengan cra import file image (klik file- import-import to library) maka semua file akan masuk di jendela library, kalau sudah masuk ke library image  explode dan sound explode kita masukan ke stage satu persatu caranya drag n drop,sesuai dengan urutan frame, ini yang perlu di perhatikan, untuk frame pertama masukan image yang sesuai dengan frame 1 begitu seterusnya. lihat pada screen shoot bawah ini.

selanjutnya coba jalankan (ctrl dan enter) apakah hasilnya seperti di bawah?? hanya saja untuk melihat hasilnya kawan-kawan di mohon sabar... karena proses loadnya lumayan lama, gimana kawan-kawan tertarik?

Membuat Efek ledakan menggunakan macromedia flash 8 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bhre Banyu Bening

0 comments:

Posting Komentar