Share - Life - Techno

Lowongan Kerja Terbaru, Lowongan Kerja BUMN, Download Vector, Koran Gratis, Desain Grafis, Tips Blog, Tips IT, Artikel Pendidikan, Artikel Sejarah, Artikel Islam, Update Patch PES6, Dangdut Academy3

Instalasi Drupal-6.13 di windows

Yeeah,,, akhirnya setelah nyari kesana kemari tutorial di mbah google tentang instalasi drupal di windows ngk nemu2 nemu si tapi ngk tau tutorialnya berbelit2 banget alias ribet repot ngomongnya kesana-kemari, akhirnya ngutek sendiri dach.. dan hasilnya,, ternyata instalasinya mudah sekali alias gampang banget...cool Ini Alur Instalasinya ikutin ya razz!
1. Pertama tama siapin dulu software pendukung untuk Drupal, yaitu web server dan database server disini saya pake(Apache), dan database server(MySQl), perlu diingat juga untuk instalasi software pendukung ini cukup bisa dikatakan cukup ribet juga, jadi untuk lebih praktisnya saya pake XAMPP, Apache dan Mysql jadi satu paket dan instalasinya juga mudah. XAMPP bisa di dapetin disini gratisss biggrin.. oke anggap aja apache sama mySQl udaselesai di instal oke kita lanjutin langkah selanjutnya...
2. Sekarang sipain Drupalnya, kalo belum download versi terbarunya di situs resminya http://drupal.org/
3. Oke Download selesai dan sekarang, kita bersiap untuk meng instal Drupal versi 6.13, pertama ekstrak file tar.gz hasil download-an tadi di folder C:XAMPP/htdocs/drupal-6.13 tergantung letak instalasi XAMPP di folder mana.
4. Setelah selesai di ekstrak, sekarang ubah C:\xampp\htdocs\drupal-6.13\sites\default\default.settings.php menjadi C:\xampp\htdocs\drupal-6.13\sites\default\settings.php (berdasar pengalaman saya, saya buka dulu pake dreamweaver terus saya save as dengan nama settings.php dan setelah saya jalankan ternyata proses instalasi bisa berlanjut).
5. Buka browser dan jalankan http://localhost/Drupal-6.13 sebelumnnya buat data base baru dengan nama drupal http://localhost/phpmyadmin setelah selesai membuat database baru lanjutkan proses instalasi drupal masukkan nama database yang telah dibuat tadi, terus isi username dan password baru untuk account drupal yang baru, ikuti prosesnya dan drupal siap digunakan.


screenshoot halaman admin drupal




Instalasi Drupal-6.13 di windows Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bhre Banyu Bening

0 comments:

Posting Komentar