Share - Life - Techno

Lowongan Kerja Terbaru, Lowongan Kerja BUMN, Download Vector, Koran Gratis, Desain Grafis, Tips Blog, Tips IT, Artikel Pendidikan, Artikel Sejarah, Artikel Islam, Update Patch PES6, Dangdut Academy3

Wireless Mobile Router sebagai Pembangun Infrastruktur TIK Masa Depan untuk Tanggap Darurat Bencana

Router
Dalam pengelolaan bencana, terutama dalam tahap darurat / evakuasi dan bantuan, seperti diuraikan dalam Undang-undang No.24 tahun 2007, terdapat suatu kebutuhan mutlak informasi terbaru yang akurat secara realtime. Dengan informasi ini, manajemen bencana dan pemantauan dan juga pengiriman bantuan dapat dilakukan secara cepat, tepat, efisien dan efektif oleh pemerintah dan semua unsur-unsur masyarakat sehingga dampak bencana dapat berkurang secara signifikan, terutama dampak sosial.

Namun, bencana sering terjadi di daerah yang tidak terjangkau oleh informasi dan infrastruktur telekomunikasi (ICT, Information and Communication Technology) dan infrastruktur pendukung (seperti tenaga listrik) atau bahkan bencana merusak infrastruktur yang ada. Saat ini, tidak ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut, kemudian diperlukan suatu bentuk inovasi yang cepat mengenai perangkat informasi dan telekomunikasi dengan mobilitas tinggi, kebutuhan daya yang rendah dan independen, tidak tergantung pada suatu tertentu infrastruktur.

Penelitian ini mengusulkan pengembangan nirkabel mobile router  untuk tanggap darurat, berdasarkan internet teknologi NGN. Produk ini dibangun dengan menggunakan embedded board Glomation GESBC-9260S, sehingga kompak, memiliki mobilitas tinggi dan mudah diimplementasikan di lokasi bencana. Perangkat ini dioperasikan mengkonsumsi daya baterai kurang dari 5Watt. Perangkat ini juga dapat memiliki interoperabilitas dengan jaringan yang ada, dilengkapi dengan antarmuka ke frekuensi radio / RF, GSM / CDMA mobile jaringan, wi-fi dan wi-max, dan satelit. Menggunakan internet based protokol, sehingga info data, suara, video dan faks dapat lulus untuk mendukung data pemantauan dan pelaporan, telepon dan aplikasi internet dari setiap posting bencana. Hal ini dapat melayani data untuk multiuser sekaligus.

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan daya rendah, mobilitas tinggi router nirkabel bergerak. Denan daya yang rendah dan perangkat mobilitas tinggi terjangkau bagi lingkungan darurat.

Produk mobile wireless router dikembangkan untuk mengacu pada standar pengembangan produk, mulai dari teknis, sosial dan ekonomi studi produk (B100), daftar spesifikasi (B200), membuat desain (B300), menerapkan desain (B400), pengujian laboratorium (B500), testbed / lapangan pengujian (B600) dan persiapan dokumen produksi (B700). pengembangannya dilakukan dalam 4 tahap generasi nilai, yaitu 1) tahap ide untuk menghasilkan persyaratan,
desain dan rencana spesifikasi, 2) tahap alpha untuk menghasilkan prototipe yang diuji secara fungsional, 3) fase beta untuk menguji prototipe di testbed / mengajukan, dan 4) tahap rilis untuk menghasilkan sebuah prototipe yang siap dihasilkan oleh mitra industri.
Beberapa hasil dari penelitian ini adalah:

   1. Produk prototype mobile router nirkabel untuk darurat ICT
   2. Software platform dan pembangun untuk mengembangkan router gateway dan mengakses aplikasi

Selain itu penelitian ini alose memberikan 2 (dua) nasional jurnal yang menyoroti penelitian dan pengembangan saat ini.

Meskipun prototipe fungsional telah diproduksi (Dilakukan di ide dan tahap alpha), beberapa penelitian lebih lanjut dan pembangunan masih dibutuhkan untuk menyelesaikan penelitian awal ini, terutama untuk menguji dalam testbed (tahap beta) dan menghasilkan produksi prototipe mobile wireless router bersama dengan dokumen proses produksi (rilis fase beta). Produksi dokumen ini kemudian digunakan sebagai penelitian spin-off untuk mitra industri, yaitu PT Clarisense Digital Media untuk menghasilkan produk lengkap dan solusi.
Selain itu, varian produk ini juga akan dikembangkan untuk sekolah-sekolah, misalnya dalam laboratorium digital atau kelas virtual, yang digunakan untuk akses internet melalui berbagi beberapa jaringan gateway, membentuk konten multimedia aplikasi berbasis pada QoS (Quality of Service) dan juga penyaringan konten. Hal ini memerlukan penelitian lebih lanjut, terutama tentang QoS.

(www.itb.ac.id)
Wireless Mobile Router sebagai Pembangun Infrastruktur TIK Masa Depan untuk Tanggap Darurat Bencana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bhre Banyu Bening

0 comments:

Posting Komentar