Share - Life - Techno

Lowongan Kerja Terbaru, Lowongan Kerja BUMN, Download Vector, Koran Gratis, Desain Grafis, Tips Blog, Tips IT, Artikel Pendidikan, Artikel Sejarah, Artikel Islam, Update Patch PES6, Dangdut Academy3

Membuat Gitar Vector berlogo Djarum Black menggunakan Inksacpe Vector Drawing

Ini adalah  postingan kesekian tentang menggambar vector dengan Inkscape, sebelumnya saya pernah memposting membuat emoticon menggunakan Inkscape ditengah kesibukan proses penyusunan tugas akhir, saya berusaha menyempatkan menulis dan berkreasi dengan tool  drawing andalan saya, yaitu Inkscape vector Drawing sekarang saya akan mebuat guitar berlogo Djarum Black yang saya namai "Guitar Black Edition" dengan kombinasi warna hitm dan merah warna khas Djarum Black, untuk logo Djarum Black saya mengambil dari portal Autoblacktrough.  semoga aja ni jadi berita bagus dan dimasukkan di Black in News hehe..
hasil akhirnya akan tampak seperi gambar di bawah ini. sipp kan?? hehehe...



simak langkah-langkahnya.

Langkah 1

Buat Dokumen baru berukuran 1460 Piksel dan 575 Piksel, caranya Klik File --->Document Properties (atau dengan menggunakan short cut Shift+Ctrl+D).


Langkah 2

Selanjutnya kita perlu mencari gambar dasar yang dapat kita gunakan sebagai template. seperti gambar berikut saya dapat dari Inkscape.org 








Langkah 3
Sekarang kita  impor gambar template diatas caranya Klik File--> Import  dan sesuaikan template gambar dengan ukuran dokumen, selanjutnya adalah menggambar tubuh leher dan kepala gitar dengan bezier tool  (Shift+f6) kemudian gambar sesuai porsinya masing masing,  disini saya gambar setiap bagian secara terpisah dengan menggunakan bezier tool (shit+f6).


 Langkah 4
Sekarang kita dapat mulai menambahkan beberapa detail. Menggunakan Bezier tool, yaitu untuk membuat tunnernya  Saya buat menjadi dua bagian, yaitu sebuah bentuk persegi panjang dengan sudut membulat, dan persegi panjang. kemudian Setelah selesai dibuat  dua  bagian tadi agar  dapat menjadi satu kemudian  kita copy agar menjadi lima bagian yang lain.
Langkah 5

sekarang menggambar sekrup kecil yang berada di sekeliling pick guard, cukup dengan menggunakan elips tool untuk menggambar lingkaran kecil hingga membentuk sekrup.



Langkah 6

selanjutnya adalah membuat saddle yaitu yang menjadi bagian yang tersulit dari semua detail tadi, rumit memang tapi alhamdulilah desainnya cukup sederhana jadi insya allah bisa lebih mudah.


 
 Langkah 6 

Sekarang kita lanjutkan menggambar pickup. Ini dibuat dengan bulat persegi, dan delapan lingkaran kecil; sangat sederhana.

Langkah 8

Berikutnya adalah tombol-tombol penyesuaian. Pertama gambar sebuah lingkaran besar, kemudian sebuah lingkaran kecil di tengahnya. Gunakan Teks Tool untuk menarik angka 1-10 dan memutar mereka sehingga mereka semua menghadap menjauh dari pusat lingkaran. seperti screenshoot dibawah.



Langkah 9
Langkah berikutnya adalah untuk penarik lubang akord dari penguat colokan ke gitar. Ini adalah semacam bentuk yang aneh, jadi lakukan yang terbaik untuk membuat dan sedikit menambahkan setiap elemen.Untuk sekrup, dapat duplikat copas pada sekrup yang sama seperti yang sebelumnya digunakan di pickguard.

Langkah 10
sebelum menambahkan tremolo ke tubuh gitar sebelumya kita import terlebih dahulu logo desain Djarum black dengan klik File-->import dan arahkan kursor ke tempat lokasi gambar, gambar ini saya peroleh dari Autoblacktrough.com saya sedikit rebuild lagi logonya sehingga  akan tampak seperti gambar dibawah.




Tremolo adalah yang terakhir dari perangkat yang akan ditambahkan ke tubuh gitar. Sangat sederhana untuk menggambar. Pertama, membuat sebuah lingkaran di bagian bawah sadel kita buat sebelumnya. Berikutnya menggambar persegi panjang tipis yang panjang yang dimulai pada lingkaran, dan meluas menjadi sekitar tepi tubuh. Pada akhir yang persegi panjang, Anda dapat menggunakan salah satu alat Pen atau Lingkaran alat untuk menggambar elips panjang.




Langkah 11
Sekarang kita akan melanjutkan dengan headstock untuk menambahkan detail halus. Pertama yang dibutuhkan adalah menambahkan tempat senar tuner yang terletak pada headstock. Ini hanya dilakukan dengan dua lingkaran, satu lebih besar dari yang lain. atau bisa menggunakan sekrups yang berbentuk elips, disini untuk mempersingkat saya gunakan sekrups berbentuk desain elips yang  telah banyak kita gunakan sebelumnya duplikat semua hingga berjumlah enam buah.


Langkah 12
Sekarang kita perlu menambahkan frets ke leher. Dengan alat Pen, tarik garis dan duplikat sampai kita mempunyai dua puluh satu total. Untuk mendapatkan jarak yang benar, lebih mudah kta menjiplaknya dari template gitar yang kita import sebelumnya kemudian nanti kita pindahkan ke leher gitar yang berupa vector. jangan lupa menambah kan titik putih agar tidak repot disini saya gunakan sekrups elips sebelumnya dan saya rubah warnanya dan hasilnya lumayan bagus.



Langkah 13
Langkah berikutnya adalah memasang pelana dan menambahkan string . Bezier tool dengan menarik enam garis dari headstock ke pelana. Lihat gambar di bawah ini untuk menemukan di mana mereka mulai dan berakhir.Untuk menggambarkan ukuran, aku menarik mereka semua warna yang sama, tetapi hanya mengubah opacity sebagai senar bisa lebih kecil. Dimulai dengan tebal atas string, opacitynya adalah: 100%, 75%, 60%, 45%, 35%, dan 25%. Dalam gambar di bawah, tali tertarik dengan warna biru di insets untuk menunjukkan di mana mereka mulai dan berakhir.



Langkah 14
Langkah terakhir adalah meberi efek bayangandan blur pada tepi gitar
hasil akhirnya seperti dibawah.




bagi yang menginginkan source dalam file format  mentah inkscape bisa download pada Link dibawah


semoga bermanfat dan bisa memacu rekan-rekan bloger lain untuk berkreasi dengan tool murah dan bahkan gratis dan hasilnya tidak kalah dengan tool atau software yang berbayar.

cukup sekian wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Membuat Gitar Vector berlogo Djarum Black menggunakan Inksacpe Vector Drawing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bhre Banyu Bening