Share - Life - Techno

Lowongan Kerja Terbaru, Lowongan Kerja BUMN, Download Vector, Koran Gratis, Desain Grafis, Tips Blog, Tips IT, Artikel Pendidikan, Artikel Sejarah, Artikel Islam, Update Patch PES6, Dangdut Academy3

Kompetisi Blog Tingkat SMA/SMK/MA Regional Jawa Timur

  1. Kompetisi Blog
Aturan Umum
  1. Peserta lomba adalah semua sekolah tingkat SMU/SMK/MA. Tiap sekolah dapat mengirimkan maksimal 2 tim.
  2. Peserta lomba terdiri atas 3 – 4 siswa dan wajib mendaftarkan diri sebelumnya. Pendaftaran dapat dilakukan via email ke setio@umm.ac.id atau setio_basuki2@yahoo.co.id.
  3. Pendaftaran peserta lomba dimulai tanggal 17 – 29 Mei 2010.
  4. Bagi peserta yang telah mendaftar, dapat segera untuk mengerjakan blog sekolah sesuai dengan kriteria yang akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.
  5. Blog yang dibangun adalah blog yang baru dibangun, tidak diperbolehkan untuk menggunakan blog yang telah ada.
  6. Pengumpulan hasil desain Web Blog (yang berupa alamat blog beserta username dan password) dapat dikirimkan ke setio@umm.ac.id atau setio_basuki2@yahoo.co.id. Pengiriman hasil mulai tanggal 31 Mei – 8 Juni 2010. 
  7. Dewan juri akan menilai hasil karya seluruh tim berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan akan dipilih 3 tim dengan nilai terbaik serta 1 tim untuk blog favorit. Hasil penilaian akan diumumkan pada tanggal 16 Juni 2010 di Universitas Muhammadiyah Malang. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
  8. Seluruh peserta kompetisi akan mendapat sertifikat sebagai partisipan.
  9. Hadiah total yang diperebutkan adalah Rp 2.500.000,00
  10. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Laboratorium Teknik Informatika UMM (0341-464318 Ext.252) atau Nani (085224831715) atau http://ft.umm.ac.id
Kriteria Web Blog Yang Dilombakan

Secara umum, tema yang diangkat pada lomba web blog ini adalah web blog Sekolah, khususnya menampilkan tingkat kepedulian sekolah terhadap pemanfaatan TIK/ICT dalam pembelajaran.

A. Ketentuan yang disyaratkan adalah sebagai berikut
  1. Mengerjakan desain web blog sekolah.
  2. Data dan informasi sekolah, yang meliputi :
  • Profil Sekolah Masing-Masing.
  • Visi dan Misi.
  • Kegiatan Sekolah.
  • Berita Seputar Sekolah
  • Taut ke luar (external link)
    3.  Taut (link) ke minimal 1 (satu) blog Guru dan Taut ke minimal 1 (satu) blog Siswa.   
          Dengan kata lain, disamping membuat blog untuk sekolah, peserta lomba juga  
          diwajibkan  untuk membuat minimal 1 blog siswa dan 1 blog guru.
    4.  Ditampilkan dalam Bahasa Indonesia.
    5.  Waktu pembuatan Web Sekolah dan Blog Guru maupun Siswa tidak harus bersamaan
          dengan waktu pendaftaran.
    6. Teknik Dasar SEO (Search Engine Optimization).

B. Penilaian Web Blog

  1. Web Blog Untuk Guru
  1. Blog dapat menggunakan layanan khusus blog (misalnya wordpress, blogspot), namun harus terhubung / tertaut dengan web sekolah.
  2. Blog harus berisi informasi tentang penulis atau profil guru serta minimal 1 (satu) artikel tentang mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional.
  3. Artikel tentang mata pelajaran harus berisi bahan/materi ajar yang siap dibaca atau dipelajari oleh siswa dalam bentuk paparan 1 sub pokok bahasan secara lengkap disertai contoh soal dan pembahasannya, minimal 2 (dua) buah soal.

     2. Web Blog Untuk Siswa
  1. Blog dapat menggunakan layanan khusus blog (misalnya wordpress, blogspot), namun harus terhubung / tertaut dengan web sekolah.
  2. Blog harus berisi informasi penulis atau profil siswa serta minimal 2 (dua) artikel tentang ”pemanfaatan TIK di sekolahku” dan ”ekstrakurikuler di sekolahku”.
  3. Artikel tentang pemanfaatan TIK di sekolahku berisi tentang pengalaman penulis dalam menggunakan TIK di sekolah dan segala pernak-perniknya.
  4. Artikel tentang ekstrakurikuler di sekolahku berisi tentang pengalaman penulis dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dan pernak-perniknya.
  5. Gaya tulisan bebas dan menggunakan bahasa Indonesia yang ”baik” dan ”komunikatif”.
   
    3. Sistem Penilaian
  1. Peserta mengirimkan alamat Web Blog Sekolah melalui e-mail kepada Panitia: (setio@umm.ac.id atau setio_basuki2@yahoo.co.id).
  2. Kriteria penilaian adalah sebagai berikut:
         1.  Web Sekolah (30%)
               1. Desain Visual (tata letak/layout, tipografi, dan warna)
               2. Navigasi dan Struktur
               3. Isi/konten (data dan informasi sekolah)
               4. Fungsionalitas
               5. Interaktivitas
         2. Blog Guru (30 %)
               1. Desain Visual (pemilihan tema / themes)
               2. Profil Guru
               3. Artikel Mata Pelajaran (Kesesuaian dengan kurikulum, kemudahan, keterbacaan,
                   kelengkapan materi, tambahan foto dan gambar, serta kejelasan pembahasan soal)
               4. Interaktivitas (Komentar pada blog)
         3. Blog Siswa (30 %)
               1. Desain Visual (pemilihan tema / themes)
               2. Profil Siswa
               3. Artikel Pemanfaatan IT di Sekolah (gaya bahasa, gaya bertutur, foto, dan gambar)
               4. Artikel Ekstrakurikuler di Sekolah (gaya bahasa, gaya bertutur, foto, dan gambar)
               5. Interaktivitas (Komentar pada blog)
         4. Teknil Dasar SEO (Search Engine Optimization). (10 %)

Info Lebih Lengkap kunjungi http://ft.umm.ac.id

0 comments:

Posting Komentar